Profesional Nilai Jualnya Mahal

HARIANKUTIM.COM – “Orang yang profesional nilai jualnya mahal”. Demikian pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Akhmadi Baharudin, MM dalam sambutannya di depan 65 kepala sekolah SMP se-Kabupaten Kutai Timur dalam kegiatan MKKS SMP Kutim di SMP Negeri 1 Sangatta Utara (31/1).
Pernyataan orang nomor satu Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur tersebut sangat menarik untuk diulas. “Bekerjalah dengan profesional, jangan jadikan uang sebagai prioritas utama, profesional adalah tujuan utamanya. Duit akan mengikuti”.

Lebih lanjut Akhmadi mengatakan, orang yang profesional nilai jualnya mahal. Profesional menurut beliau adalah orang yang bekerja keras, cerdas, ikhlas, dan jujur.

Bekerja keras. Seorang pekerja yang memiliki karakter pekerja keras dalam dirinya akan memiliki semangat yang tinggi dan tak kenal putus asa dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya. Dia akan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab terhadap pekerjaan nya. Jika menyangkut pekerjaan maka seorang pekerja keras bersedia menerima segala bentuk kritikan dan bersedia memperbaiki kesalahannya.

Cerdas. Seorang yang memiliki karakter cerdas akan mampu meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya. Berpikiran maju dan terus mengasah potensi dirinya.

Ikhlas. Seorang pekerja yang memiliki karakter ikhlas senantiasa berbuat kebaikan, senantiasa memberi tanpa mengharapkan imbalan, melakukan kebaikan tanpa harus diketahui oleh orang lain.

Jujur sebagai sebuah karakter hanya ada pada  orang yang berperilaku baik-baik saja. Karakter ini “tidak ada” pada orang yang bermoral bejat. Sikap jujur adalah fondasi dari semua sikap-sikap baik lainnya. Sikap jujur dapat dan harus diimplementasikan pada semua bidang pelajaran dan pada semua dimensi kehidupan.

Saling menghargai dan saling menghormati serta saling percaya- mempercayai dilahirkan oleh karakter jujur ini. Di dalam masyarakat kita lebih senang berkawan dengan orang yang jujur walau dia kurang pintar atau cerdas. Sebaliknya kita tidak suka berkawan dengan orang yang cerdas tapi perilakunya tidak jujur.

“Revolusi karakter adalah mengubah mindset. Menjadi profesional adalah kata kuncinya. Kami (Kadis dan jajarannya, red) akan bekerja profesional demi meningkatkan harkat dan martabat dunia pendidikan di Kabupaten Kutai Timur”, pungkas Akhmadi.

Citizen journalism oleh Rasyuni, M. Pd.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Seperti WR Supratman

Senyum adalah Sedekah