Program Healthy Food, Ajang Pembentukan Karakter

 

Sangatta, hariankutim.com – Salah satu program SD YPPSB 3 adalah healthy food yang digalang oleh komite paralel kelas 1 sampai kelas 6. Hari ini ratusan siswa berkumpul di lapangan sekolah emngikuti kegiatan pembelajaran mengenalkan gizi dan menu seimbang, Jumat (3/3/2017).

Kegiatan healthy food ini sudah diadakan SD YPPSB 3 sejak tahun 2007 yang lalu, dan dijadikan sebagai sebuah kegiatan rutin dan salah satu program unggulan sekolah. Kegiatan ini diadakan setiap sebulan sekali dengan melibatkan komite sekolah dengan menu yang beragam.

Ketua Komite SD YPPSB 3 , Esty Wahyuni mengungkapkan bahwa healthy food ini merupakan program bulanan yang dilakukan sekolah. Menu makanan disiapkan oleh komite sekolah dengan cara disajikan masing-masing kelas, kemudian anak-anak setiap kelas akan berbaris dengan rapi menunggu giliran mendapatkan bagian dari program healthy food.

“healthy food merupakan acara bulanan rutin di SD YPSB 3. acara ini sudah berlangsung dari angkatan ke-2, sekitar 8 tahun yang lalu. Setiap bulan kita mengadakan healthy food yang diadakan oleh sekolah, dibantu oleh ibu-ibu komite untuk menyiapkan menunya. Komite yang memasak sampai menyediakan ke sekolahnya.
ke depan agar kegiatan ini tetap berlanjut, karena anak-anak bisa belajar untuk mengerti makanan sehat dimulai dari sekolah”

Kepala sekolah SD YPPSB 3, Marsono. S.Pd. mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya program healthy food ini adalah memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang makanan sehat, tetapi dibalik itu ada beberapa nilai yang ingin dicapai oleh SD YPPSB 3, yaitu saling berbagi rasa kita bisa menikmati.

“program ini juga bermanfaat membangun kebersamaan antara komite dengan sekolah. Komite sekolah kumpul bersama kemudian kan menyiapkan makanan bersama ini yang akan membangun kebersamaan yang indah buat komite.” Ujar Marsono.

“harapannya kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa kesetiakawanan di antara mereka, bisa menumbuhkan rasa kebersamaan diantara mereka, yang satu hal yang mungkin akan kita capai dengan program ini” lanjut Marsono

“jadi program ini tidak hanya semata-mata memberikan asupan gizi yang sifatnya untuk fisik, tetapi kita akan dapat nilai dari kegiatan ini” Lanjutnya.

Marsono melanjutkan bahwa kegiatan ini untuk membelajarkan pada seluruh anak-anak dengan program aaksi, bagaimana cara makan yang baik, bagaimana cara atau adab makan yang baik, diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa.

“menghargai makanan yang sudah disiapkan oleh seluruh komite, harapannya bahwa anak belajar menghabiskan siswa makanan yang ada di depannya sehingga tidak menyia-nyiakan. Anak mulai tata cara makan, cuci tangan, berdoa, dan sebagainya. Nilai yang bisa diambil dari ending program ini adalah pembentukan karakter anak anak anak SD YPPSB 3” pungkasnya.

Reporter : Akhmad Syamun. Editor: Sismanto HS

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Garis Muda Kutim Adakan Wisata Religi Teguhkan Tradisi Islam Nusantara

Ansor Kutim Apresiasi Komitmen Raja Salman Perangi Radikalisme