Resmi Dilantik, DPRD Kutim Bercita cita Mewujudkan Masyarakat Sejahtera, Adil dan Makmur

Resmi Dilantik, DPRD Kutim Bercita-cita Mewujudkan Masyarakat Sejahtera, Adil dan Makmur

HARIANKUTIM.COM, Sangatta- Rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah kepada 40 dewan terpilih pada peroide 2019- 2024. Proses pengambilan sumpah anggota DPRD Kutim Periode 2019-2024 dipandu Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sangatta, Rahmat Sanjaya. Disaksikan Bupati Ismunandar, Wabup Kasmidi Bulang serta unsur forkopimda.

Dalam rapat Paripurana Istimewa tersebut di pimpin oleh Ketua DPRD Mahyunadi dan didampingi Wakil ketua. Dalam kesempatan itu Mahyunadi mengucapkan selamat kepada seluruh anggota dewan yang telah dilantik dan memohon maaf kepada anggota dewan yang lama (dimisioner) selama kemimpinannya terdapat kesalahan dan kekhilafan. Pengambilan sumpah jabatan, Rabu (14/8/2019)di ruang sidang utama kantor DPRD Kutim kawasan perkantoran bukit pelangi Soekarno-Hatta.

“Kepada seluruh anggota dewan yang demisioner telah mengakhiri masa jabatan 2014-2019 kami atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih atas dedikasinya serta kerjasma yang baik selama lima tahun dalam melaksanakan amanah”, ujarnya.

Ketua DPRD Kutim Periode 2014-2019 menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat Kutim, karena belum semua program atau janji politik mereka sebagai wakil rakyat hasil Pemilu 2014 tercapai. Ia telah berupaya optimal untuk berbuat terbaik dan memberikan andil dalam pembangunan Kutim.

“Masih banyak kendala yang dihadapi seperti dalam melakukan pembahasan sejumlah Raperda sehingga belum dirampungkan hingga berakhirnya masa bakti kami”, kata MahyunadI

Selanjutnya dilakukan pembacaan SK pemberhentian dewan lama dan pengangkatan dewan baru sesuai keputusan Gubernur Kaltim, Isran Noor yang dibacakan langsung Sekretaris DPRD Kutim, Suroto.

Prosesi pengucapan sumpah dan janji oleh anggota DPRD baru yang hadir mengenakan jas dilanjut penandatangan berita acara sumpah dan janji yang diwakili beberaapa angota dewan.

Pengumuman pimpinan sementara yakni Uce Prasetyo dari PPP dan Sayid Anjas dari Golkar. Keduanya terpilih sebagaimana ketentuan bahwa partai pemenang dan suara terbanyak berhak menduduki pimpinan sementara.

Berdasarkan Pemilu 2019 lalu, PPP meraih 9 kursi dari 40 kursi yang ada, disusul Golkar 7, Nasdem 5, Demokrat 4, PDI Perjuangan 4, Gerindra 3, PAN 3, PKS 2, Berkarya 2 dan PKB 1 kursi.

Ditempat yang sama, Uce Prasetyo pimpinan sementara DPRD Kutim mengatakan kedepan harus menyelesaikan sejumlah agenda penting antara lain pembentukan Tata Tertib DPRD Kutim, Fraksi hingga pemilihan dan pelantikan pimpinan definitif.

Uce Prasetyo Politisi dari fraksi PPP didampingi Sayid Anjas dari Partai Golkar, sebelum memimpin kelanjutan rapat istimewa Uce menaruh harapan terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan pemerintah.

“Kerjasama yang baik ini tiada lain komitmen terkait pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kutim hasil Pemilu 2019″, imbuhnya.

Uce menghimbau kepada masyarakat Kutim atas nama anggota DPRD Kutim memohon dukungan dan doa agar ia dan anggota DPRD lainnya bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Tentu dengan beragamnya Parpol di DPRD Kutim saat pada periode ini dinamika dalam berpendapat disetiap pembahasan dalam menyuarakan aspirasi masyarakat merupakan hal biasa.

“Segala perbedaan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat tidak menjadi perdebatan panjang dan jurang pemisah. Kita sebagai anggota DPRD Kutim memiliki cita-cita yang sama yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,” paparnya lebih jauh.

Sementara Bupati Kutim, Ismunandar menyampaikan sambutan gubernur Kaltim, Isran Noor. Dalam amanat tersebut menuturkan tentang anggota legislatif yang memiliki wewenang sebagai pemantau atau pengawas kinerja pemerintah. Ia berharap pemerintah dan DPRD menjalin hubungan dengan baik.

“Karena pemerintah dan DPRD memiliki daya tawar yang dudukan sama yang memiliki kekuatan dan kelemahan. Jangan sampai terjadi penonjolan ego demi kemauan masing-masing, Sehingga keritikan dan saran tidak bertebaran melalui media sosial, Pemerintah dan DPRD baru”, lanjutnya. (Hk)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Peringatan Puncak Hari Pramuka di Kecamatan Bengalon

Hari Anak Ke-74 Pentingnya Mendidik Karakter Putra Putri Penerus Bangsa dan Negara