SD Negeri 007 Muara Wahau Terapkan Kurtilas dengan Pembelajaran Berbasis Alam

SD Negeri 007 Muara Wahau Terapkan Kurtilas dengan Pembelajaran Berbasis Alam

Muara Wahau, hariankutim.com – Sekolah Dasar Negeri SDN 07 Muara Wahau merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 (K-13). Didalam metode K-13 itu sendiri, para siswa diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu pelajaran yang tak hanya disampaikan didalam kelas saja namun juga secara langsung ke alam atau yang lebih dikenal dengan nama metode pembelajaran berbasis alam. Pembelajaran kali ini, guru kelas V SD Negeri 008 Muara Wahau Juari Efendi mengajak jalan – jalan siswa ke kebun dan taman sekolah. (17/04)

SD Negeri 007 Muara Wahau Terapkan Kurtilas dengan Pembelajaran Berbasis Alam

Kepala Sekolah SDN 007 Muara Wahau Budiyah, S.Pd. menjelaskan metode pembelajaran ini diterapkan bagi siswa kelas 5. “Jadi, siswa tak hanya monoton belajar di dalam kelas saja tapi dengan k13 ini memang mengharuskan siswa untuk lebih aktif ke lingkungan,” ujar Kepsek.

Bahkan, lanjut Juari Efendi kegiatan ini sendiri telah lama berjalan bahkan para siswa tersebut melaksanakan kegiatan di luar sekolah dengan mengunjungi beberapa tempat penting seperti ke kebun kelapa sawit, perpustakaan Desa setempat, dan beberapa tempat lainnya.

“Hasil dari kunjungan siswa ini nantinya akan dibuat semacam laporan kemudian dipresentasikan di depan kelas. Ini juga dilakukan untuk melatih mental siswa agar berani maju didepan,” ucap Juari Efendi yang biasa di panggil “pendi”.

Ia juga menjelaskan, metode K13 ini sendiri cukup mendapatkan respon yang positif dari siswa dan Dewan Guru. Karena, didalam metode k13 ini akan membentuk karakter siswa berkepribadian. “Apapun kurikulum yang diterapkan pada intinya tetap sama , yang jelas kita berharap siswa tetap merasa nyaman dalam mengembangkan pembelajaran saat ini,” pungkas Pendi.(gugun/Nala)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Tim Relawan Bersihkan Musholla Al Hidayah Gang Banjar Sangatta

MTs Nurul Hikmah Jalani UAMBN Perdana