Sekretaris KPAD Harmadji : Pemeriksaan HIV/AIDS Ada Protapnya

  • Whatsapp

Sangatta, HarianKutim.Com – Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Kutai Timur tahun 2014, kecamatan Sangatta Utara menempati posisi tertinggi dengan jumlah 58, dikuti Sangatta Selatan 24, dan kecamatan Bengalon 16 Odha.

Data tersebut meningkat pada tahun 2016 dengan jumlah tertinggi di Kecamatan Sangatta Utara 98 Odha, diikuti Kecamatan Muara Wahau 43 orang, Kecamatan Sangatta Selatan 29, dan Bengalon 22 orang. Lonjakan data tertinggi yang terjadi selama 2 tahun ini, Kecamatan Sangatta Utara sejumlah 40 orang dan Kecamatan Muara Wahau 37 orang.

Sekretaris KPAD Kutai Timur, Harmadji P. Darsono

ASekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kutai Timur, Harmadji P. Darsono saat memberikan penjelasan berkaitan isu pemeriksaan HIV/AIDS di salah satu grub media sosial, Senin (8/5), untuk melakukan pemeriksaan HIV AIDS ada protap yang harus diikuti, salah satunya adalah harus ada konseling awal sebelum pemeriksaan darah. Konseling hanya boleh dilakukan oleh konselor terlatih dari Kemenkes RI.

Lanjut Harmadji, Pemeriksaan HIV/AIDS harus dilakukan atas dasar sukarela dari pihak terperiksa. Hasil pemeriksaan, apalagi bila hasilnya positif HIV, maka harus disampaikan secara hati-hati dan mengikuti prosedur yang benar. Sebab siapapun yang dinyatakan positif HIV pasti shock, stress dan bisa bertindak negatif macam-macam. Dan data tentang orang yang diperiksa berikut hasil test HIV nya, harus diperlakukan rahasia. Selanjutnya konselor akan mengajak ke fasilitas kesehatan (klinik, RS) agar orang yang tervonis HIV mendapat terapi lanjutan.

“Kalau ada pihak manapun yang mau melakukan pemeriksaan HIV, apalagi yang melakukan dari rumah ke rumah, tolong ditolak. Sebagai info, kita bisa memeriksakan HIV di semua puskesmas di kabupaten Kutim ini. Total ada 18 puskesmas, dan di kota Sangatta bisa juga dilayani di RS SOHC dan di RS Asy Syifa,”

Untuk di puskesmas, biaya pemeriksaan HIV gratis, hanya biaya pendaftaran kisaran Rp 5000 saja. (Nala)

 

 

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *