Simulasi UNBK SMP Sangatta

hariankutim.com – Sangatta hari ini Senin, 27 Februari 2017 digelar simulasi serentak Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Saat ini yang melakukan UNBK adalah sekolah-sekolah yang sudah siap melakukannya antara lain, SMP Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB), SMP Negeri 1 Sangatta Utara, SMP Negeri 2 Sangatta Utara, dan SMP Negeri 3 Sangatta Utara.

Sekedar diketahui bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK menggunakan sistem semi-online, soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat.

Berdasarkan pantauan harian kutim di lapangan, salah satunya adalah SMP YPPSB yang melakukan sinkronisasi dan pelaksanaan try out UNBK tersebut. Proktor utamanya, Bambang BS, mengatakan persiapan yang dilakukan hari sebelumnya sudah siap semua, meliputi sinkronisasi dan proses unduh data.

SMP YPPSB mempersiapkan 3 ruangan berisi masing-masing 40 komputer. Ketiga lokasi itu menggunakan Laboratorium SD YPPSB 1, SD YPPSB 2, dan SMP YPPSB. Pada proses sinkronisasi yang dilakukan pada beberapa hari sebelumnya, proktor belum bisa melihat dan mengecek soal karena proses tersebut membutuhkan username dan password serta token siswa.

“Token baru bisa digunakan saat hari H pelaksanaan UNBK jadi sekarang hanya proses unduh saja. Sempat ada kendala tapi bsa diatasi, Server nunggu aktif dari pusat tapi pada intinya semua berjalan degan lancar” tambahnya.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Lakspedam NU Kukar Adakan Pelatihan Pengembangan SDM

Sudirman, Dorong Peningkatan Kompetensi Guru