Sismanto; Ungkap Seminar Nasional Terbesar di Kutai Timur

HARIANKUTIM.COM – Dengan penuh semangat Sismanto memberikan sambutan ketua panitia di atas podium seminar nasional yang bertajuk “Membumikan Literasi Digital di Kutai Timur”, pada rabu, 25 januari 2017 di Gedung Bukit Pelangi Kutai Timur. Luapan ekspresi itu seakan menggambarkan kepuasan lantaran seminar yang awalnya menargetkan 500 peserta, ternyata melebihi ekspektasi panitia dengan peserta 1.200. “Ini mungkin adalah seminar terbesar yang melibatkan banyak massa dari kalangan pendidik di Kutai Timur,” ujar Sismanto yang disambut riuh tepuk tangan sekitar peserta seminar.

Seminar Nasional yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kutim ini menghadirkan Bupati Ismunandar, Pembina IGI Kutim Hj UR Encek Firgasih, Kepala Badan Perpustakaan Daerah, serta jajaran pejabat lainnya. Tak ketinggalan, Ketua IGI Pusat, yakni Muhammad Ramli Rahim, Bapak Literasi Indonesia, Ahmad Sururi Azis, Ketua II IGI kaltim, Suparno, dan Ketua IGI Kutai Kartanegara, Sutopo Gasif juga turut serta hadir kegiatan yang diikuti oleh para guru se-Kutai Timur ini. Seminar ini sekaligus mendeklarasikan Kutim sebagai Kabupaten yang membumikan literasi digital.

Dalam sambutannya, Sismanto menganalogikan peran Guru sebagaimana yang disebutkan dalam tokoh dalam Novel Bumi Manusia. Buku yang ditulis oleh Pramoedya Ananta tersebut menceriterakan tokoh Ontosoroh yang berusaha memantaskan diri, dengan berusaha keras dengan terus-menerus belajar, agar dapat diakui sebagai seorang manusia.

“Jangan tanyakan apa yang Kutai Timur berikan untuk guru, tapi tanyakanlah apa yang guru berikan untuk Kutai Timur.” Begitulah yang diungkapkan sang Ketua Panitia menyiratkan harapan IGI untuk pendidikan daerah. Intinya, IGI tidak menuntun anggotanya berkeluh kesah dengan menuntut kesejahteraan dari pemerintah, namun IGI mestinya mandiri dan punya kontribusi besar mengupayakan peningkatan kompetensi guru di Kutai Timur.

Seminar Nasional ini juga mengukuhkan Pengurus perdana IGI Wilayah Kutai Timur dengan masa periode 5 tahun, terhitung dari 2017. Pengukuhan yang dibarengi dengan ikrar kepengurusan ini disematkan langsung oleh perwakilan Pengurus IGI Provinsi Kalimantan Timur, yakni Ketua II, Suparno.

Citizen journalism A. Rifandi

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

IGI Kutim Ajarkan Rahasia Sukses Menulis Buku

Mengenal Pantai Sekerat