Siswa SD YPPSB 3 Dikenalkan Literasi Digital

hariankutim.com – Sangatta – Siswa kelas enam SD YPPSB 3 Sangatta hari ini Sabtu, 25 februari 2017 dikenalkan dengan dasar-dasar literasi digital. Kegiatan yang dipusatkan di auditorium SD YPPSB 3 ini, diisi oleh guru-guru SD YPPSB 3 yang expert di bidang IT. Kegiatan diikuti seluruh siswa kelas enam dan juga dari perwakilan komite.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah siswa diajari tentang pentingnya literasi digital, mengingat maraknya berita-berita dan konten konten hoax, maka perlunya siswa bisa menyaring berita-berita tersebut. Disamping itu juga, digunakan sebagai persiapan siswa menghadapi ujian nasional.

Pada sesi pertama, salah satu guru yang didaulat untuk mengisi materi, Yosef Agung Setiawan, S.Pd memaparkan gambaran umum tentang pemanfaatan dan keuntungan mengenal IT.

Yosef menambahkan, bahwa banyak perusahaan besar ambruk dan tidak bisa bertahan akibat kurang mengenal dan menguasai teknologi. dan sebaliknya perusahaan-perusahaan kecil cepat berkembang dengan menguasai di bidang IT, sebut saja misalnya facebook dan android.

Sismanto, salah satu guru sekolah yang berlokasi di jalan Munthe tampil pada sesi kedua. Ia mengajarkan tentang praktik langsung menggunakan aplikasi yang ada di HP yang dimiliki siswa-siswa. Pada kesempatan tersebut, siswa diajarkan cara beinteraksi aktif melalui program telegram yang ada di aplikasi Android, dengan cara dibuat group telegram khusus kelas 6 SD YPPSB 3 memudahkan guru dan siswa untuk belajar bersama, baik soal-soal online maupun try out yang diberikan guru kepada siswa.

Ia juga mengenalkan kepada siswa-siswa beberapa aplikasi bot telegram. Robot canggih yang ada pada apliaksi telegram ini sangat tepat sebagai mesin penjawab otomatis latihan siswa.

“Aplikasi telegram merupakan salah satu aplikasi yang ada di HP android yang tepat digunakan sebagai sarana pembelajaran. Fitur yang ada di grup telegram sebagai sarana komunikasi antara murid dan gurunya, juga sebagai sarana latihan-latihan soal, dan game edukasi. Anak menginstal aplikasi telegram, kemudian masuk ke grup telegram yang sudah disiapkan nantinya akan disambut dengan robot canggih dengan ucapan selamat datang ” ujar guru yang aktif di organisasi sosial dan keagamaan ini.

Pada kesempatan itu juga, Sismanto HS, begitu panggilan akrabnya, juga mengajari siswa-siswa untuk berinteraksi secara produktif dengan media HP, anak bisa menulis puisi, bisa menulis diary sudah tanpa menggunakan kertas lagi. Namun bisa menggunakan HP yang selama ini digunakannya.

“Hasil menulis dengan mulut yang ada di aplikasi android, anak menuliskan karya, dan imajinasinya. Hasilnya kemudian dikirim ke grup telegram yang telah dibuat. nantinya hasil dari pembuatan daya, kreasi, dan cipta anak dari HP android itu yang lolos seleksi akan diupload di website sekolah” ujarnya.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

SD YPPSB 3 Datangkan Pendongeng Profesional

Serba-Serbi di Musim Hujan