Tes Calon Warga PSHT Kutai Timur, Seni Dan Olahraga Bela Diri

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Sangatta mengadakan tes calon warga yang diadakan di Gedung Serba Guna SMU Negeri 1 Sangatta Utara yang dikuti 18 calon warga pada Minggu (25/8/2019).

Dalam proses menjadi manusia berbudi luhur dalam pengenalan yang sebenarnya, setiap insan harus melalui tahapan demi tahapan dalam kehidupan. Begitu juga didalam Persaudaraan Setia Hati Terate. Setiap siswa yang hendak menjadi warga (anggota), wajib mengikuti tes calon warga.

Kegiatan yang dimulai pukul 07:00 pagi tersebut dibuka langsung oleh Ketua PSHT Ranting Sangatta, Kangmas Dedy Andrian didampingi beberapa ketua rayon.

Dalam kesempatan tersebut, kangmas dedy menyampaikan jika dalam tes tersebut harus dilalui dengan fisik dan mental yang prima. Sebab, tes ini akan berlangsung sampai sore, diharapkan semua siswa bisa mengukur diri masing-masing, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tes yang dikuti siswa putra sebanyak 15 orang dan siswa putri 3 orang tersebut dihadiri warga PSHT kurang lebih 27 orang, termasuk ketua rayon yang hadir saat itu.

Sudah menjadi tradisi dalam PSHT, sebelum menjadi warga harus melalui beberapa tahapan, salah satunya tes calon warga, seperti yang tertuang dalam Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate. Pencak Silat salah satu ajaran SETIA HATI dalam tingkat pertama, berintikan seni olah raga yang mengandung unsur pembelaan diri untuk mempertahankan kehormatan, keselamatan dan kebahagiaan dari kebenaran terhadap setiap penyerang, dari pada itu Setia Hati sadar dan yakin, bahwa sebab utama dari segala rintangan dan malapetaka serta lawan kebenaran hidup yang sesungguhnya bukanlah insan, makhluk atau kekuatan yang diluar dirinya, oleh karena itu pencak silat hanyalah suatu syarat untuk mempertebal kepercayaan kepada diri sendiri dan mengenal diri pribadi. (Hk)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Pelepasan KKN, Mahasiswa STIPER KUTIM Mendapat Apresiasi Dari Camat Sandaran

Sukses Adakan Lomba, Camat Sangatta Selatan: Kegiatan Ini Gambarkan Perjuangan Kita