Tim Pengawasan Orang Asing dikuhkuhkan, Bupati Berharap Efektif Awasi Orang Asing

sangatta, hariankutim.com – di kutai timur terdapat banyak perusahaan nasional maupun transnasional. beberapa perusahaan menggunakan jasa tenaga kerja asing atau ekspatriat dalam oprasionalnya sehari-hari. keberadaan orang asing di wilayah kabupaten kutai timur tentu harus dalam pengawasan pemerintah. untuk itulah di daerah-daerah dibentuk tim pengawas orang asing atau biasa disingkat TIMPORA. tak terkecuali di kabupaten kutai timur.

tim pengawas orang asing kabupaten kutai timur yang terdiri dari banyak kalangan seperti  Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda, Sekretaris Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda. Anggota lainnya yaitu jajaran aparat di Pemerintah Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon, Sangkulirang. Termasuk Kepala Kepolisian Sektor (Polsek), Komando Rayon Militer, Camat, Lurah serta Kepala Desa tersebut dikukuhkan bupati ismunandar kamis  (9/3/2017) lalu.

pengukuhan tersebut berdasarkan  Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda Nomor : W18.IMI.Fb.GR.02.04-042. setela dikukuhkan, bupati kutai timur berpesan agar semua anggota TIMPORA mampu bekerja efektif mengawasi gerak-gerik dan tingkah laku orang asing di wilayah kutai timur. terutama para kepala desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Tim yang terbentuk ini diharapkan dapat membantu pemerintah nasional (pusat) maupun daerah melalui pengawasan orang asing. Pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat adalah kelurahan dan desa, untuk itu diharapkan lebih aktif dalam pengawasan orang asing ini. Mengingat dari data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Kutim, ada  79 orang asing yang kebanyakan dari India. TKA itu tersebar di seluruh Kutim, jumlah tersebut belum termasuk turis dan lainnya,” ujarnya saat memberi keterangan kepada media.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

SMP Negeri 4 Kongbeng Adakan Perjusami

Adakan Sekolah Aswaja, PMII KUTIM Tingkatkan Kapasitas Kader