Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Gelar Bimtek Bagi Petugas Se-Kutai Timur

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, melaksanakan bimbingan teknis pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil bagi petugas pelayanan di Kecamatan Se-Kutai Timur, yang bertempat di Hotel Royal Viktoria, Kamis (2/12/21).

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada Disdukcapil “agar mendekatkan pelayanan ini kepada masyarakat, dan memudahkan masyarakat untuk melakukan perekaman maupun percetakan dokumen,” pesan Ardiansyah.

Bacaan Lainnya

Tujuan dilaksanakannya bimtek pendaftaran penduduk dan pencatatan bagi petugas pelayanan di kecamatan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, dan yang terkhusus meningkatkan pengetahuan petugas pelayanan kependudukan sipil yang ada di 18 Kecamatan Se-Kutai Timur.

Plt. Kepala Disdukcapil Kutai Timur, Sulastin menyampaikan bahwa “saya mengharapkan kepada Bapak/Ibu yang bertugas sebagai teknisi pelayanan dokumen kependudukan agar menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya di masing-masing kecamatan. Berdasarkan Undang-undang No 24 Tahun 2013 Pasal 79a yang berbunyi, pengurusan dan penerbitan Dokumen Kependudukan tidak dipungut biaya,” ucapnya.

Sulastin menjelaskan “Ada beberapa regulasi yang harus kita pedomani sebagai petugas pelayanan di kecamatan, dan nanti akan di sampaikan oleh para narasumber secara detail, intinya saya mengharapkan kepada Bapak/ibu semua untuk memperhatikan materi yang di sampaikan oleh narasumber, supaya nantinya ilmu yang ada ini benar-benar di manfaatkan dengan benar, apalagi untuk 4 kecamatan yang nantinya sebagai pilot project kita, untuk alat-alat sudah ready nanti akan kita pasang di kecamatan dan di gunakan dengan baik sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku supaya nanti kita bisa memberi pelayanan kepada masyarakat dengan baik, karena moto kita itu membahagiakan masyarakat,” ujarnya.

Untuk 18 Kecamatan Se-Kutai Timur sebenarnya sudah mempunyai alat perekaman masing-masing, namun setelah kami inventarisir di lapangan, ternyata kecamatan yang mempunyai alat perekaman yang masih bagus ternyata terdapat 4 kecamatan, yaitu kecamatan Muara Bengkal, Muara Wahau, Kongbeng, dan Kaliorang, dan 4 kecamatan tersebut akan kami jadikan pilot project yang nantinya semua perekaman, dan percetakan dokumen itu berada di kecamatan.

“selesai dari bimtek hari ini kita akan berkomunikasi dengan camat untuk kesiapan sarana dan prasarananya, dan hal yang harus disiapkan itu berupa ruangan, room office, listriknya harus 24 jam, ruangan yang ber-AC untuk alat server data,” ungkapnya.

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *