Tk Melati Adakan Field Trip ke Kebun Raya Balikpapan

Tk Melati Adakan Field Trip Kebun Raya Balikpapan

Balikpapan, hariankutim.com – Diakhir bulan Maret, TK Melati Balikpapan mengadakan kegiatan edukasi tentang wisata flora di Kebun Raya Balikpapan yang terletak di kilometer 15, Jumat (31/3). Rombongan TK Melati disambut oleh seorang pemandu yang bertugas memberikan edukasi tentang kekayaan hutan di kebun raya yang merupakan salah satu ikon kebanggaan kota Balikpapan.

Tk Melati Adakan Field Trip Kebun Raya Balikpapan

Menurut salah satu petugas kebun menerangkan bahwa Kebun Raya ini dicanangkan sejak Tahun 2005, kemudian mulai dibangun pada tahun 2008, dan diresmikan Tahun 2014 pada tanggal 20 Agustus. Luas sekitar 309 hektar
Secara garis besar ia menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah Wisata Flora yang terbagi menjadi 3 macam kegiatan, yaitu: Penanaman, Okupulasi, dan pengenalan tumbuhan koleksi, seperti : Ulin, bengkirai, meranti dan gaharu.

Kegiatan field Trip TK Melati yang langsung dikoordinir oleh Kepala TK Melati, Masdiana, S.Pd atau biasa disapa bunda diana ini dengan didampingi lima orang pendidik, orang tua serta anak didik, sangat mengapresiasi dengan antusiasme para orang tua dan anak didiknya. Seluruh peserta Wisata Flora ini berjumlah 51 orang dengan menggunakan armada bis dari Perusda dan kendaraan pribadi orang tua.

Pemandu membagi dua kelompok untuk menyusuri Kebun Raya Balikpapan sambil mengedukasi peserta. Seperti daun Alamanda dapat digunakan untuk menghilangkan keracunan, Costus digunakan untuk gatal-gatal pada kulit Bintaro atau biasa disebut buah tikus untuk memabukkan tikus pengganggu rumah, saat tikus mencium aroma bintaro, dan juga macam-macam tumbuhan koleksi Kebun Raya Balikpapan.

Kegiatan diakhiri dengan edukasi pembuatan sampah kompos dan cara penanaman yang benar. Terlihat antusias seluruh peserta field trip. Sebagai hadiah anak-anak membawa pulang tanaman yang sudah ditanamnya di polibek. (Masdiana/Nala)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Ketua BPPD Lubis, Promosi Wisata Butuh Dukungan Semua Pihak

Guru SMP YPPSB Ikuti Motivasi Bisnis