Tradisi Tasmiyah, Memberikan Nama yang Baik

  • Whatsapp

Sangatta, Tasmiyah atau pemberian nama menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat di Sangatta. Hal itu juga dirasakan oleh pasangan muda Anditya Prasetyawan dan Prihatin Puji Astutik yang memberikan nama putri pertamanya dengan nama yang indah Khansa Erlita makaila Prasetyawan di Kaswari RT 17 Swarga Bara, Sangatta, Sabtu (17/6).

Didaulat menjadi pemimpin kegiatan pemberian nama tasmiyah, Ustadz Sismanto menyampaikan bahwa tradisi pemberian nama merupakan tradisi yang dilakukan oleh para Salafus Saleh. “Meskipun, tidak ada panduan khusus dalam ritual pemberian nama,” tuturnya.

Namun dalam hal memberikan nama, menurutnya, Ada batasan-batasan, yakni memberikan nama yang baik. Berbeda halnya dengan ritual aqiqah yang ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan dalam melakukan tradisi aqiqah, yakni 2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan.

“Untuk itu. saya berharap bahwa diperbolehkan merayakan tradisi pemberikan nama dengan mengundang tetangga terdekat untuk menyaksikan ritual pemberian nama yang baik untuk anak,” tutupnya. (Sismanto/Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *