UPT Pendidikan Sangatta Utara Adakan Pembekalan Guru Prestasi ke Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp
Jamhari, M.Pd saat memberi pembekalan di UPT Pendidikan Sangatta Utara kepada Guru dan kepala sekolah Prestasi ke Tingkat Kabupaten
Jamhari, M.Pd saat memberi pembekalan di UPT Pendidikan Sangatta Utara kepada Guru dan kepala sekolah Prestasi ke Tingkat Kabupaten

Sangatta hariankutim.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan sangatta utara adakan pembekalan guru dan kepala sekolah berprestasi bertempat di Kantor UPT Pendidikan Sangatta Utara. Perwakilan guru dan kepala sekolah berprestasi mulai jenjang TK, SD, SMP, se-Sangatta Utara ikuti pembekalan untuk mengikuti seleksi guru berprestasi Kutai timur, Kamis (24/3).

Kompetisi tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur ini, dianggap sebagai ajang kompetisi bergengsi oleh beberapa pihak sekolah yang ada di Kutai Timur. Ada dua tahap yang akan dilalui oleh para guru ini untuk menjadi juara. Tahap pertama, peserta akan melalui ujian tulis dan portofolio, peserta juga harus menyelesaikan 100 soal yang berisikan 4 komponen, yaitu kepribadian 25%, sosial 25%, pedagois 25% serta profesionalitas 25%.

Peserta yang diundang mewakili dari perwakilan TK, SD, dan SMP masing-masing diwakili 3 orang guru dari sekolah sekolah yang ada di Sangatta Utara. Sementara untuk kepala sekolah diambil 2 orang perwakilan dari sekolah sekolah swasta.

Kepala UPT Pendidikan Sangatta Utara, H. Suyatno, M.Pd menerangkan, kompetisi tersebut bertujuan untuk saling menyesuaikan kompetensi dari masing-masing. “Untuk peserta yang hadir ini diharapkan sebagai pemenang tingkat kabupaten, akan diikutsertakan lagi di tingkat Propinsi, dan kalau menang lagi akan diikutsertakan ke tingkat nasional,” jelas Suyatno.

Didaulat sebagai pemateri pembekalan Jamhari, M. Pd yang juga sebagai kepala sekolah SD Muhamadiyah 2 Sangatta Utara mengungkapkan kepada para peserta untuk betul-betul memperhatikan petunjuk pelaksanaan juklak maupun petunjuk teknis juknis. Ia melanjutkan, bahwa dalam perlombaan guru berprestasi penting diperhatikan persyaratan-persyaratan dasar untuk mengikuti lomba tersebut, seorang guru yang di persyaratannya kurang satu hari pun akan gagal dengan sendirinya.

Lanjut Jamhari, mengakui kalau kompetisi yang diadakan ditingkat kabupaten dan propinsi jauh lebih sulit dibanding tingkat nasional. “memang sangat susah untuk ditingkat kabupaten dan provinsi. Namun, ketika sudah berada ditingkat nasional akan lebih mudah dari sebelumnya,” ujarnya. (shs)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *