Warga desa Marga Mulia dan Banser Bersih-Bersih Makam Jelang Ramadan

Warga desa Marga Mulia dan Banser Bersih-Bersih Makam Jelang Ramadan

Kongbeng, hariankutim.com – Menjelang bulan puasa ini, puluhan anggota Banser Ansor Ranting Desa Marga Mulia Kecamatan kongbeng melakukan bersih – bersih areal pemakaman Desa Marga Mulia. Kegiatan membersihkan makam menjelang Ramadan ini dilaksanakan jum’at(5/5) mulai pukul 07.00 wita di makam desa setempat yang diawali dengan doa bersama untuk para arwah yang di pimpin oleh ustad Muhaimin.

Puluhan sahabat BANSER datang, membawa cangkul, sabit, parang angkong dan lain sebagainya. Lalu mereka membersihkan makam, merapikan nisan bergeser. “Biasanya warga muslim itu beramai-ramai melakukan ziarah satu atau dua hari menjelang Ramadan‘’ sebut Ipul.

Warga desa Marga Mulia dan Banser Bersih-Bersih Makam Jelang Ramadan

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Widodo pembina Banser Kongbeng, yang selalu memberi bimbingan kepada anggota Banser, Komandan Rayon bapak Sunardi, Komandan Ranting Nursobar, Tokoh Masyarakat Marga Mulia bapak Siswo Pandoyo serta salah seorang anggota dewan DPRD Kutai Timur bapak Edi Santoso.

Memurut R salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya, Lelaki yang tinggal di desa Marga Mulya itu sering berdoa di makam kakeknya yang meninggal 2010 lalu. Dia mengaku jarang melakukan bersih – bersih sekaligus ziarah karena sibuk. ‘’Menjelang bulan puasa ini kesempatan baik untuk mendoakan beliau,’’ sebutnya.

Baca juga GP Ansor: Berdirinya NKRI Telah Sesuai dengan Syariat Agama

Kegiatan bersih – bersih kubur ini kata Ipul 33 tahun, merupakan tradisi tahunan umat muslim di Marga Mulia tersebut menjelang bulan puasa. Pada saat bulan puasa, mereka jarang bisa melakukan bersih – bersih ataupun ziarah karena mempersiapkan acara berbuka dan kegiatan lainnya. ‘’Jadi, satu atau dua Minggu menjelang puasa ini merupakan kesempatan mereka melakukan bersih – bersih sekaligus mendoakan arwah keluarga yang telah meninggal,’’ sebutnya. (Gunadi/Nala)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Pasukan Garuda Menangkan Pertandingan Persahabatan Dengan Prajurit Pakistan

​SD YPPSB 3 Umumkan Hasil HiLo School Drawing Competition 2017