Warga Gang Musholla Dalam Tradisikan Megengan Sambut Ramadhan

  • Whatsapp

Sangatta, hariankutim.com — megengan atau menahan merupakan tradisi orang Jawa dan pertanda jika sebentar lagi kita akan kedatangan tamu istimewa yaitu Ramadhan.

Megengan di Gang Musholla Dalam merupakan bukti kerukunan warga masyarakat yang ada dalam menjalin kerukunan dan kerjasama dalam bermasyarakat.

Menurut penuturan pak Sabri, Ketua RT 50 tradisi megengan ini sudah dimulai sejak lama sebagai simbol keharmonisan antar warga di Gang Musholla Dalam ketika menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Ramadhan adalah bulan suci dimana umat islam seluruh dunia melakukan puasa sebulan penuh sebagai bentuk pembelajaran kesabaran serta rasa saling berbagi dengan sesama.

“Setiap tahun kami melakukan acara megengan sebagai salah satu cara kami di gang musholla dalam saling memupuk kerukunan dan menjadi cara kami menyambut datanya bulan suci ramadhan” ungkapnya.

Dalam acara ini melebur menjadi satu antara orang dewasa dan anak anak makan satu alas daun pisang yang menjadi simbol kerukunan dan saling berbagi antara warga satu dengan warga yang lain. (ipunk_99/Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *