Warga Kaswari Sangatta Baca Yasin dan Kirim Arwah pada Malam Nisfu Syaban

  • Whatsapp

Sangatta, HarianKutim.Com — Mendekati bulan Ramadan, atau tepatnya ditengah bulan Syaban, umat Islam diminta memperbanyak ibadah dan salat malam dan puasa. Hal itu sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW, baik dengan secara sendiri-sendiri atau berjamaah.

Seperti yang warga Kaswari RT 17 Swarga Bara, tepat malam Nisfu Syaban, ratusan warga berkumpul adakan tradisi malam nisfu syaban dengan membaca surah Yasin berjamaah, Kamis (11/5).

Kegiatan malam nisfu Syaban 1438 H, di Kaswari RT 17 Swarga Bara, setelah Sholat Maghrib dilaksanakan pembacaan Surah Yasin 3 kali yang didahului dengan doa kirim arwah leluhur dan diakhiri dengan selamatan makan bersama dengan harapan semoga dipanjangkan umurnya, dijauhkan dari bencana, dan diberikan kelancaran rizki yang halalan toyyibah.

Hal ini dibenarkan ketua RT 17 Gunawan, “Warga di RT Kaswari adakan malam Sya’ban dengan membaca Surah Yasin 3 kali,” ujarnya.

Di daulat menjadi imam pada malam Nisfu Sya’ban di gang Kaswari Sismanto mengungkapkan bahwa malam Nisfu Sya’ban bagi umat Islam dianjurkan untuk berebut mengejar kebajikan sebanyak mungkin sebagai latihan dan persediaan untuk memasuki bulan Ramadan.

“Bulan Syaban adalah kesempatan untuk memperbaiki diri dari segala macam celaan dan masa untuk menerangkan hati dan jiwa,” ujarnya.

Bulan sya’ban dalam tradisi masyarakat dikenal dengan bulan ruwah dari mufrod “ruh” dan kata jamak “arwah”. Hal ini berarti pada bulan Sya’ban adalah tradisi di mana mengirim doa kepada para arwah. “Untuk itu, selain memperbanyak puasa sunat, doa, zikir dan membaca salawat kepada Rasulullah SAW, umat Islam diajak bertaubat dan mengirim doa kepada yang telah meninggal,” ajaknya. (Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *