Warga Sekitar Musholla Jaami’ul Muhtadiin Margo Santoso Sangatta Adakan Acara Megengan

  • Whatsapp

Sangatta, hariankutim.com — Warga di sekitar musholla Jaami’ul Muhtadiin, Margo Santoso Sangatta adakan acara megengan untuk meyambut bulan suci Ramadlan yang penuh berkah dan limpahan rahmat, Kamis (25/5).

Megengan adalah ungkapan sebuah kata yang berarti mengagungkan, membesarkan meyambut bulan yang agung/besar, yaitu bulan ramadhan yang penuh rahmat bulan lipat ganda pahala.

Ada sekitar 20 nasi ingkung, nasi yang di tata sedemikian rupa di tengahnya, ada daging ayam yang dimasak dengan bumbu yang enak dan ayamnya masih utuh selain kuku, mulut ayam, nasi santan atau kebuli.

Segenap lapisan masyarakat berkumpul mengucapkanrasa syukur atas nikmat yang berlimpah, Ketua RT 41 bapak Sulistiono, kepala dusun 7 Pinang Raya bapak Murjaka.

Menurut kepala dusun Murjaka, Acara ini sudah menjadi tradisi di lingkungan Margo Santoso khususnya RT 41 dan sudah bertahun tahun dan akan selalu di lestarikan karena bisa menjadi media bertemu bersilaturahim dan saling memaafkan antar warga.

Sementara menurut penuturan Ustadz Isnaini, budaya megengan sudah lama dilakukan warga Margo Santoso, yang bertujuan untuk menjalin tali silaturrohim antar warga memperkokoh tali persaudaraan ukhuwah islamiyah , ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariyah, sesuai petunjuk dan sunnah nabi muhammad SAW.

“Saya bersukur akan budaya tradisi megengan, yang selalu membawa kebaikan kepada ummat,” ujarnya.

Acara megengan diawali dengan khotmil qur’an yang dilaksanakan pagi hari setelah sholat shubuh sampai pada sore hari, dilanjutkan dengan do’a bersama kepada orang tua, saudara, teman, dan handai tholan yang telah lebih dulu berpulang. (Sismanto/Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *