IGI Kutim Ajarkan Rahasia Sukses Menulis Buku

HARIANKUTIM.COM – Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya bahwa workshop maksimalisasi Android dengan penyelenggara igi Kutai Timur, akan dilaksanakan kembali untuk yang kedua kalinya pada tanggal 29 Januari 2017, yaitu jatuh tepat pada hari ini, dan masih bertempat di pendopo rumah jabatan Bupati Kutai Timur mulai pukul 08.00 hingga 15.30.

Meskipun cuaca tampak mendung dan sedikit gerimis para peserta yang mayoritas guru dari berbagai kecamatan tetap membanjiri lokasi workshop dengan penuh semangat.

Materi kali ini disampaikan oleh penulis yang sudah cukup ternama yaitu Bapak Joko Wahyono, seorang penulis yang cukup berpengalaman dibidangnya. Joko Wahyono sudah beberapa kali mengeluarkan buku yang sangat laris di pasaran, satu diantaranya yaitu Rahasia Sukses Menulis Buku.

Mengutip apa yang telah disampaikan pemateri di awal pertemuan, bahwa bahwa tidak perlu takut salah untuk menulis, karena jika takut salah maka tidak akan pernah menulis. Menulis layaknya menanam sebuah pohon atau mempunyai anak, menulis adalah bekerja untuk keabadian, karena orang lain akan masih dapat menikmati tulisan meskipun orang yang menulis telah tiada, bahkan dapat dijadikan referensi bagi penulis lain, sehingga apa yang ditulis bisa lebih bermanfaat.

Pemateri menjelaskan, jika siap menulis maka harus siap kurang tidur, siap menyendiri dari keramaian, jarang mendengar musik, dan siap pula menuntaskan buku yang sudah dimulai itu. Keempat hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen pada diri sendiri.

Pemateri juga menambahkan bahwa ada beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dalam menulis. Pertama adalah seorang penulis dituntut untuk mengangkat isu yang lagi panas dibicarakan orang, yang kedua, diharapkan dapat melakukan riset kata-kata kunci, kemudian seorang penulis juga dihimbau untuk menggunakan teknik main mapping supaya tema dapat lebih mengembang namun terarah. Selain menjadikan pengalaman personal sebagai sumber inspirasi kita juga dapat mengambil sumber ide tersebut dari majalah atau buku lain yang relevan dengan topik yang sedang kita tulis.

Sebelum mengakhiri pemaparannya tentang menulis, Joko Wahyono menjelaskan dengan sedikit memberi peringatan pada pemberian judul tulisan. Dalam memberi judul haruslah pintar, judul harus yang mempesona dan menarik perhatian pembaca, judul yang biasa saja dan tidak mengundang penasaran pembaca akan mematikan minat orang untuk membaca lebih lanjut. Setelah mengidentifikasi lemah dan kuat tulisan kita maka tulisan harap diterbitkan dengan memilih penerbit yang sudah terpercaya.

Citizen jounalism Setiyati

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Mengenal Fitur Smart View pada Smartphone

Sismanto; Ungkap Seminar Nasional Terbesar di Kutai Timur