SD YPPSB 3 Kunjungi Sanggar Membatik

SD YPPSB 3 Kunjungi Sanggar Membatik

Sangatta, hariankutim.com – 120an siswa SD YPPSB 3 Sangatta yang terbagi dalam 2 gelombang belajar membatik di lokasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) “Maju Bersama” yang bekerjasama dengan badan usaha Milik Desa (BumDes) Swarga Bara, Sabtu (1/4).

SD YPPSB 3 Kunjungi Sanggar Membatik

Peserta berkumpul di SD YPPSB 1 yang berlokasi di jalan Dr. sutomo Swarga Bara dan berangkat tepat pukul 08.00 kemudian tiba di lokasi tepat pada pukul 08.15. Pendamping kegiatan selain wali kelas masing-masing kelas, juga didampingi oleh pak Hadi Atmoko, Aruan Papa, Rini Ambarwulan S, dan juga perwakilan komite masing-masing kelas.

Sementara pengelola eko wisata, Fahd mengungkapkan bahwa kosep wisata edukasi batik ini merupakan salah satu di bawah naungan eko wisata milik BumBes Desa Swarga Bara yang bekerjasama dengan PT. Kaltim Prima Coal.

Lanjut Fahd, dengan menggunakan sistem bagi hasil kerana modalnya dari BumDes. dan untuk pengelolaan bayar karyawan dengan lain masuk ke UPPKS “Maju Bersama” dengan hitungannya 80% dari nilai jual untuk SD Rp. 35.000 80%, lainnnya masuk ke BumDes hanya 20%. Begitu juga dengan pengelolaan pesat yang bermitra dengan komunitas TDA.

“SMS untuk paket SMP maupun SMA Rp50.000 dengan durasi 2 sampai 3 jam. Sementara apabila intensif bisa sampai menghabiskan waktu selama 3 sampai 5 hari,” ujarnya.

“Selain membatik, produk ekowisata yang sedang kami garap saat ini adala Pesat dan Prevab, ” pungkasnya.

Selama kegiatan berlangsung, anak-anak sangat menikmati wisata edukasi membatik, mulai mengenal bagaimana menggunakan canting secara langsung dan juga memberikan warna pada kain batik yang dipandu langsung oleh pemilik sanggar Ibu Juwita. (Nala)

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Pemprov Kaltim Dorong Pengembangan Batubara Ramah Lingkungan

Hari Autis Sedunia, Walikota Neni Sambangi PLA