Tradisi Tirakatan PSHT Ranting Sangatta Cabang Kutai Timur

  • Whatsapp

HARIANKUTIM.COM, Sangatta – Malam 1 muharram atau yang sering kita sebut malam 1 suro, menjadi momen tersendiri untuk warga PSHT dimana pun berada. Begitu juga yang dilakukan warga PSHT Ranting Sangatta, PSHT memilik sebuah Tradisi Tirakatan.

Acara Do’a bersama yang di pimpin oleh Ketua Cabang PSHT Kutai Timur Kangmas Haji Suyatno di dampingi langsung Kangmas Dedy Andriyan selaku Ketua Ranting PSHT Sangatta Utara berjalan begitu hikmat.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Kangmas Haji Suyatno menghimbau kepada seluruh kadhang Persaudaraan Setia Hati Terate untuk selalu menahan diri. Seperti yang sudah tertulis didalam Al Qur’an “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS At-Taubah: 36).

Acara yang dimulai dengan Do’a bersama ini dilanjutkan dengan makan bersama penuh keakraban.
Menjelang pukul 24:00 dilanjutkan dengan acara putar gelang, berputar mengelilingi kampung dengan diam tanpa suara.

Putar gelang dipimpin langsung oleh Ketua Ranting Sangatta Utara Kangmas Dedy Andrian dengan rute jalan APT. Pranoto menuju simpang tiga karya etam, lalu kembali lagi ke lapangan convention Hexindo.

Acara yang berlangsung hingga menjelang sholat Shubuh ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. (Hk)

Comments

0 comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *