MUI Apresiasi Banyuwangi Kembangkan Pariwisata Pantai Syariah

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Saad

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi meresmikan Pulau Santen, Kelurahan Karangrejo Banyuwangi menjadi wisata Syariah Beach.

Minggu lalu, kawasan Pulau Santen, Kelurahan Karangrejo, menjadi wisata Syariah Beach yang sudah dikunjungi 2.000 pengunjung yang datang pada liburan akhir pekan lalu.

Konsep syariah yang diberlakukan di syariah beach, yaitu saat pengunjung memasuki kawasan terlebih dahulu menikmati sensasi menyeberang jalan kaki dengan jembatan menuju Pulau Santen. Setelah sampai, kemudian ada pemisah ke kanan bagi laki-laki dan kekiri bagi perempuan.

Disamping itu, setiap pengunjung juga diwajibkan mengenakan pakaian yang sopan, dan bila masuk waktu sholat aktivitas hiburan di pantai dihentikan untuk sementara.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Saadi mengungkapkan, destinasi pariwisata syariah model ini bisa dijadikan pilot project untuk dikembangkan di daerah lainnya di Indonesia.

“Kebutuhan masyarakat untuk tempat wisata dengan konsep syariah sangat besar. Disamping sebagai peluang bisnis, hal ini juga bisa menepis anggapan bahwa tempat wisata identik dengan maksiat dan mesum,” jelas Zainut seperti keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Ia melanjutkan, bahwa pemerintah maupun pemuda harusnya bisa menangkap peluang bisnis ini dalam menginjak sektor pariwisata nasional. Wisata syariah menjadi bagian dari industri pariwisata nasional yang khusus ditujukan untuk wisatawan muslim. Pelayanan yang diterapkan juga merujuk pada ajaran agama islam.

Ia mencontohkan, salah satu bentuk pelayanan wisata syariah yang tidak boleh dilupakan adalah turunan dari industri wisata tersebu. Hotel, transportasi, biro travel juga di konsep dengan menggunakan konsep islami, sehingga memudahkan bagi wisatawan yang akan beribadah.

“Banyuwangi dekat dengan Bali yang kini dikunjungi Raja Salman dan rombongan. Tim Raja Salman sebaiknya juga menyeberang ke Banyuwangi, untuk menjajaki peluang investasi bidang pariwisata dan ikutannya, terutama wisata syariah, di kawasan yang tengah tumbuh pesat tersebut,” pungkasnya.

 

Editor Sismanto HS

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Hujan Datang Banjir Menghadang

Terjadi Laka Lantas di Jalan Inpres Sangatta