Majelis Sholawat Rijalul Ansor Kutim Gelar Dzikir Sholawat untuk Kemerdekaan RI

  • Whatsapp

Sangatta, Majelis sholawat Rijalul Ansor Gerakan Pemuda Kutai Timur menggelar dzikir, sholawat, dan doa bersama masyarakat Swarga Bara di Masjid Al Kautsar Bumi Etam, Rabu (16/8/2017).

Kegiatan yang ditujukan untuk bersyukur atas nikmat kemerdekaan negara Republik Indonesia ke-72 ini dihadiri pengurus Cabang NU Kutai Timur, anggota GP Ansor, Banser Kutai Timur, dan masyarakat sekitar perumahan Bumi Etam.

Dalam sambutannya ketua GP Ansor Kutai Timur, Zainul Arifin, SH mengatakan bahwa Rijalul Ansor merupakan wadah pemuda Ansor yang salah satu kegiatannya dari masjid ke masjid untuk mengenalkan cinta kepada Nabi SAW, dan cinta kepada negara, hubbul wathon minal Iman.

Habib Jakfar bin Abdul Qadir Al Haddar dari Pasuruan dalam mauidhah hasanahnya menyampaikan pentingnya nasionalisme. Habib Jakfar mengutip Imam Suyuthi dalam kitabnya bahwa umat Islam sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk cinta kepada negara dan bangsanya.

Lebih lanjut menurut Habib Jakfar dalam kitab Mujalatsah karya Ad Dainuri dari hadist Asmui, dijelaskan bahwa saya pernah mendengar orang Arab berkata, kalau engkau ingin memgetahui kebaikan seoarang lihatlah tiga perkara.

Pertama, bagaimana rasa rindu seseorang terhadap negaranya. Lihat bagaimana dia baik dan cinta kepada negaranya dia adalah Ar Rajul (orang baik). Kedua, rindu dengan saudara yang senegara. Ketika seseorang merantau atau menjadi TKI pasti seseorang itu rindu kepada tanah kelahirannya, dan ketiga Instropeksi, menangisi atas waktu yang berlalu pada umurnya. (Sismanto/Nala)

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *