RAMADHAN MOMENTUM KITA MERAIH KEBAIKAN

  • Whatsapp
RAMADHAN MOMENTUM KITA MERAIH KEBAIKAN
RAMADHAN MOMENTUM KITA MERAIH KEBAIKAN

HK WIKI – “Ramadhan dihadiahkan kepada kalian supaya dimanfaatkan untuk melakukan ketaatan, pemurnian, dan meraih pahala berlipat ganda.”

Ramadhan, itulah nama bulan yang mulia dan sangat khusus diantara 11 bulan lainnya. Bulan dimana semua umat muslim menyambut kedatangannya dengan hati yang gembira, bersuka ria, dan tentunya damai. Bulan penuh berkah dengan semua amalan di dalamnya, yaitu puasa, mengaji, bersedekah, bersholawat, berdzikir, dan amalan lainnya. Tak lupa juga kita sebagai umat muslim harus selalu memberikan usaha dan doa terbaik di bulan ini, karena didalamnya lah kita bisa menjadikan sebagai momentum kita untuk menabung amal kebaikan dan mengurangi keburukan. Carilah hal yang bermanfaat yang kita lakukan selama 1 bulan penuh, kiranya dengan itu bisa menggugurkan dosa-dosa kita. 

Di dalam bulan yang mulia ini ada banyak sekali amalan yang dapat kita lakukan, mulai dari yang wajib, sunnah, makruh, hingga yang haram. Salah satu kewajibannya ialah berpuasa, terdapat dalam Q. S Al-Baqarah ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Dari ayat Al-Quran surat Al-Baqarah ayat ke 183 di atas, jelas bahwa mengajak hamba Allah yang beriman agar melakukan ibadah puasa secara wajib. Supaya menjadi orang-orang yang senantiasa bertakwa pada Allah SWT. 

Disamping puasa, Sholat juga ialah ibadah wajib yang harus kita lakukan sebagai muslim dan muslimah, karna hal inilah yang membedakan kita dengan agama lainnya. Tidak hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi sholat ialah wajib hukumnya untuk kita laksanakan mulai dari kita baligh hingga ajal menjemput. Karna itulah ibadah terlama yang harus terus kita lakukan sebagai muslim yang selalu mengharapkan keridhoan Allah agar kelak bisa masuk ke Syurganya, Aamiin Ya Robbal Alaamiin. 

Melaksanakan sholat Tarawih juga salah satu ibadah yang ada di dalam bulan Ramadhan, karna hanya di bulan inilah sholat Tarawih diadakan. Keutamaan Sholat tarawih terletak pada rangkaiannya yaitu, pembacaan sholawat nabi, pembacaan khutbah atau ceramah, bacaan surah-surah, serta silaturahmi yang bisa tetap terjaga. Sholat Terawih sendiri biasanya dilaksanakan di Masjid, Musholla/Langgar, dan dirumah masing-masing. Lebih afdhol nya jika dilaksanakan berjamaah karna pahalanya akan berlipat ganda juga, dan yang membuat sholat tarawih berbeda dengan sholat lainnya ialah dari rakaat dan tata cara pelaksanaannya. Yaitu dilaksanakan setelah sholat isya dan dilanjut khutbah singkat serta pembacaan sholawat nabi yang di sahuti pula dengan makmum. Jumlah rakaat biasanya ada yang hanya melaksanakan 8 rakaat dan ada juga yang 20 rakaat, serta ditambah dengan witir 3 rakaat dengan total 11 rakaat dan 23 rakaat. 

Dan biasanya setelah sholat Tarawih dilaksanakan maka dilanjut dengan tadarrus Al-Qur’an dengan niat meng-khatamkan 30 juz. Inilah tantangan terberat di bulan ini, yaitu meng-khatamkan 30 juz dalam 30 hari. Yang dimana kita harus berkomitmen untuk bisa menyelesaikannya dengan waktu yang ada dan disela pekerjaan kita. Untuk lelaki mungkin hanya terkendala dengan pekerjaan jika ingin meng-khatamkan 30 juz. Tapi jika perempuan, banyak sekali kendala yaitu, pekerjaan, urusan di dapur, dan yang terpenting ketika sedang haid. Apabila sedang Haid otomatis meng-khatamkan Al-Qur’an bukan lagi 30 hari tapi lebih sedikit waktunya karna dipotong oleh hari Haid. 

Tapi tak mengapa, bahwa disitulah istimewanya kita. Apabila kita bisa melakukannya maka Allah akan memberi ganjarannya entah di dunia ataupun di akhirat kelak. Dan tak lupa juga di bulan Ramadhan kita haruslah memperbanyak istigfar, berdzikir, dan membaca Sholawat kepada nabi kita, nabi besar Muhammad SAW. Untuk kita senantiasa ingat kepada Allah dan Rasulnya, karna kita tidak tahu dimana dan sampai kapan umur kita ini. 

Kita harus terus beribadah dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, dan dibulan inilah waktunya kita menabung semua pahala dari amal yang kita lakukan. Tapi, di balik semuanya ada juga hal yang tak boleh kita lakukan selagi di bulan suci ini, yaitu membatalkan puasa dengan makan, minum, dan hal lainnya yang dapat membatalkan. Dan usahakan kurangi hal yang tidak bermanfaat atau yang membuat ibadah kita menjadi makruh ataupun haram. 

Di bulan suci ini, Allah tak lupa memberikan kita banyak cobaan dan rintangan dengan melepaskan Syaiton untuk menggoda manusia berbuat maksiat. Hanya orang yang imannya kuat dan istiqomah yang bisa bertahan. Dan yang imannya lemah maka Syaiton akan mudah masuk dan memegang kendali untuk slalu berbuat maksiat. Hal inilah yang kita hindari, maka dari itu sebelum memasuki bulan suci Ramadhan kita harus banyak beristigfar dan berdoa agar Allah jauhkan dari hal yang tidak baik, agar kita bisa beribadah dengan khusyuk dibulan Ramadhan nanti. 

Hal yang utama juga di bulan ini ialah 10 malam terakhir bulan Ramadhan, dimana malam Lailatul Qadar dan disitulah para malaikat turun ke bumi untuk melihat manusia, siapa saja yang berbuat baik dan tetap beribadah pada malam itu. Pahala dan ganjarannya berlipat ganda dan ciri-cirinya sangat banyak. Termasuk cuaca pada malam itu sangat sejuk, tak ada panas dan hujan. Rembulan juga sangat bercahaya terang seakan-akan bulan pun senang menyambut malam yang mulia ini. 

Dan puncak dari bulan suci Ramadhan adalah pada hari lebaran yang dimana hari penuh kemenangan yang membuat kita kembali suci. Hari yang bertaburan kebahagiaan dan kesedihan. Bahagia karna menyambut hari kemenangan dan bersilaturahmi kepada keluarga dan teman lainnya. Sedih karena bulan mulia ini akan pergi meninggalkan kita, yang dimana akan berjumpa lagi tahun yang akan datang yang kita belum tahu apakah kita masih bisa bertemu dengan bulan ini. Karna umur tak ada yang tahu, maka dari itu selagi kita bernyawa maka lakukan semua amal ibadah dan jauhi larangannya. 

Hari Lebaran, hari makan-makan itulah salah satu sebutan di hari kemenangan ini. Di hari inilah juga, kita akan kembali hidup seperti biasanya, menjalani kehidupan biasa dan tetap jangan terlena dengan duniawi karna pada akhirnya kita semua akan meninggal. 

Semoga kita semua panjang umur dan sehat selalu agar bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh kebaikan dan penuh keberkahan, karna sebaik-baiknya manusia ialah yang tetap mengingat kematian dengan tak mudah melupakan apabila Allah memberi kenikmatan. 

Ya Allah pertemukanlah kami dengannya, agar kami bisa menjadi manusia yang layak untuk memasuki Syurga-Mu, dan berilah kami selalu petunjuk agar tetap berada di jalan-Mu. Bismillah semoga Allah mengabulkan permintaan kita semua, Aamiin Ya Allah Aamiin. 

Ramadhan, I come to wait for me.

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *