SD Muhammadiyah 2 Sangatta Study Tour ke Kota Raja Tenggarong

Sangatta – Hari ini Jumat 24 Februari 2017 rombongan siswa kelas lima SD Muhammadiyah 2 sangatta merencanakan study tour mengunjungi kota raja tenggarong. Kegiatan yang rencananya dilakukan oleh SD Muhammadiyah 2 Sangatta ini berangkat studi tour 24 -25 Februari 2017.

Rombongan terdiri dari 52 siswa kelas lima, komite 2 orang, ustadz pendamping sebanyak 3 orang dan ustadzah 2 orang. Tampak hadir dalam pemberangkatan tersebut, peserta study tour yang didampingi orang tuanya masing-masing, perwakilan komite sekolah, dan pihak sekolah. Rombongan dilepas kepala sekolah SD Muhammadiyah 2 Sangatta, Jamhari, SP., M.Pd.

Kegiatan ini merupakan salah satu program pembelajaran kontekstual yang dilaksanakan di luar sekolah. Program belajar di luar kelas, yang di kemas dalam bentuk kegiatan wisata tematik adalah sebagai bagian dari proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara. Program ini telah dijalankan sejak lima tahun yang lalu. Pada setiap tahun ajaran, dilaksanakan sebanyak dua kali minimal diakhir semester 1 dan 2.

Wisata tematik dimaksudkan agar murid bisa belajar langsung pada objek yang sebenarnya, sambil rekreasi. Tempat yg menjadi tujuan wisata tematik di sesuaikan degan muatan kompetensi yang dipelajari pada satu semester yg telah di pelajari. Sehingga setiap jenjang tingkat tujuanya berbeda.

Menurut informasi kepala SD Muhammadiyah 2 Sangatta, Jamhari, SP., M.Pd, rombongan siswa kelas lima yang beralamat di jalan Pinang Dalam ini rencananya akan mengunjungi planetarium, Pulau Kumala, dan museum di kota Tenggarong.

“Untuk kelas 5 pada kegiatan ini bertema “mengenal sejarah dan peradaban budaya indonesia”. Tempat yg paling tepat adalah di tenggarong, yang menyimpan sejarah dan perabahan kalimantan timur yaitu kerajaan Kutai” Ujar Jamhari.

“Untuk murid kelas 6 telah dilaksanakan pada bulan kemarin, yang menjadi lokasi tujuan wisata adalah wilayah Jogjakarta. Selanjutnya pada bulan depan murid kelas emoat degan tujuan wisata di Bontang dengan Tema yang berbeda” Lanjut Jamhari yang juga aktif di PDM Muhamadiyah dan sekretaris PGRI.

Dengan adanya kegiatan kunjungan ke museum diharapkan, siswa mengetahui peninggalan sejarah budaya bangsa melalui koleksi yang dipamerkan museum, dan juga menambah wawasan dan pengetahuan tentang peran nyata museum dalam melestarikan budaya.

Sementara kunjungan SD Muhammadiyah 2 Sangatta ke planetarium bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa bahwa planetarium merupakan sarana edukasi, sebagai sarana hiburan, dan juga sebagai tempat penelitian atau pengamatan.

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Musrembang Karangan, Warga Antusias Sambut Bupati

Muara Wahau Gelar OSN Tingkat SD