Sumarjana Terpilih Aklamasi Pimpin Ikapakarti Kutim

Suasana Musda Ikapakarti Kutai Timur

Sangatta, hariankutim.com -Sumarjana terpilih secara aklamasi sebagai ketua Ikapakarti Kutai Timur dalam Musda ke-2 Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti), Kamis (9/3) di ruang Meranti, Kantor Bupati,

Setelah sidang dibuka Bupati Kutai Timur, sesuai jadwal sidang pleno 1 yaitu pemilihan pimpinan sidang yang di pimpin oleh Wakil Ketua Steering Comite ( SC) untuk melakukan pemilihan ketua Ikapakarti Kutai Timur. Usulan pak Sumarno agar sebelum sidang pemilihan Ketua, terlebih dahulu dibahas tata tertib.

Sidang berjalan cukup alot karena calon hanya satu yaitu Ir. H. Sumarjana, M.P., maka dilakukan pemilihan secara aklamasi. Tepat pukul 14.00 wita di gedung Meranti telah terpilih ketua Ikapakarti Kutai Timur Ir. H. Sumarjana, M.P. Acara selanjutnya ditutup dengan sambut ketua terpilih dan ketua terpilih diberikan waktu 21 hari untuk menyusun kepengurusan.

“Disepakati Sumarjana terpilih secara aklamasi, sehingga beliau akan memimpin Ikapakarti periode 2017 – 2021 mendatang,” ujar M. Yasin, salah seorang anggota Ikapakarti Kutim.

Seharusnya saat ini Ikapakarti Kutai Timur sudah menggelar Musda IV tetapi karena ada ke vakuman kepengurusan tahun 2009-2016, maka Musda Ikapakarti Kutai Timur baru dapat mengadakan Musda II berdasarkan SK DPP Ikapakarti. Diharapkan Musda ke-2 Ikapakarti Kutai Timur dapat mempersatukan paguyuban/Ikatan/forum/Lembaga Seni Keluarga Tanah Jawi yang ada sekarang menjadi ikatan yang kuat.

Ikapakarti beranggotakan semua paguyuban/lembaga seni yang berasal dari Jawi, mulai Jawi Wetan (Jawa Timur) sampai dengan Jawi Kulon (Jawa Barat). Musda di buka oleh Bupati Kutai Timur dan di hadiri oleh Ketua DPRD Kutai Timur, Kapolres Kutai Timur, Dandim 009, Danlanal, SKPD kabupaten kutim, 43 Paguyuban yang terdiri dari 17 paguyuban asal Jawa Timur, 13 Pagyuban asal Jawa Tengah, 3 Paguyuban asal DIY, 3 Paguyuban asal Jawa Barat dan 4 Lembaga Seni beserta undangan.

Musda ini terlaksana berdasarkan SK karteker Nomor: 01/ DPP/IKA-P/I/2017 tertanggal 20 Januari 2017 yang berisi mandat agar segera menggelar Musda ke 2 di wilayah kabupaten Kutai Timur. SK Karteker yang diberikan kepada Warindo, M.Pd dengan jangka waktu 3 bulan sejak diturunkan mandat.

Ketua harian DPP Ikapakarti Kaltim, Sutrisno, mengatakan “Diharapkan terbentuknya kepengurusan DPP Ikapakarti Kutai Timur semua paguyuban/lembaga seni asal Jawi dapat merapatkan barisan untuk membantu pemerintah agar pembangunan Kutai Timur dapat di jalankan dengan lancar”, ujarnya.

Penggagas Ikapakarti Kaltim, Sastro wardoyo membentuk Organisasi masyarakat ini tanggal 7 desember 2003 sebagai wadah aspirasi masyarakat Jawa di Kalimantan Timur.

Saat membuka kegiatan, Bupati Kutai Timur Ismunandar dalam sambutannya, di Kutai Timur warga Jawa tidak asing lagi karena mayoritas berpenduduk Tanah Jawi. Putra pendiri ikapakarti, Budi santoso, Ibu Ani kepala Rumah Sakit Umum dan banyak lagi yang lain.

Bupati Ismunandar melanjutkan, masyarakat Jawa di Kabupaten Kutai Timur untuk saling bahu membahu dan menjaga kerukunan sesama warga. Bupati menambahkan, Ikapakarti dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan penyelenggaraan pemerintahan, dan bersama-sama dengan pemerintah membangun Kutai Timur.

“Saya mengajak masyarakat Jawa untuk membangun Kutai Timur agar lebih maju,” ajak Bupati.
Reporter ISN / Editor Sismanto HS

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Bupati Kutim, KPC Sumbang 70 Persen APDB

PBNU Akan Gelar Pertemuan 99 Ulama Khos di Rembang