Dinas Pendidikan Optimalkan Peran KKG Sebagai Wadah Pembinaan Profesional Guru

Moh. Syaiful Imron, S.Pd.,M.Si Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kutai Timur
Moh. Syaiful Imron, S.Pd.,M.Si Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kutai Timur

Sangatta, hariankutim.com – Begitu pentingnya peran KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru maka perlu dihidupkan dan dioptimalkan gugus – gugus KKG di setiap kecamatan. Hal tersebut disampaikan oleh Moh. Syaiful Imron, S.Pd.,M.Si selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Dasar pada saat kegiatan KKG gugus II Kecamatan Sangatta Utara yang dihadiri kurang lebih 50 orang guru SD yang bertempat di SDN 009 Sangatta Utara tanggal 14 Februari 2017 lalu, beliau sekaligus menjadi narasumber pada pendalaman materi matematika yang menjadi topik pembahasan KKG pada saat itu.

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khususnya pada jenjang pendidikan dasar yang memberikan bekal kemampuan peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dasar. Oleh karena itu, kemampuan atau kompetensi guru perlu untuk selalu dibina dan ditingkatkan, supaya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dapat menciptakan kinerja yang baik. Sebagai upaya dalam membina atau meningkatkan kemampuan guru di sekolah dasar salah satunya adalah melalui KKG.

“KKG merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi para guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di tingkat gugus atau kecamatan yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah.” (Depdiknas, 2009:6).

KKG merupakan wadah pembinaan profesional guru yang memberikan bantuan serta layanan terhadap kemampuan profesional guru. Segala bentuk usaha yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif di kelas dapat dibahas bersama-sama di KKG, dan juga permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar dapat dicarikan solusinya melalui program bedah masalah di KKG.

“KKG adalah wadah kerjasama guru-guru dan sebagai tempat mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan profesional, yaitu dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan menilai kemajuan murid”, Ujar Syaiful Imron.
Editor : Sismanto HS

Bagikan:

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Komentar

Komentar

Loading…

0

Comments

0 comments

Dinas Pendidikan Kutim Gelar Olimpiade Sains Nasional

Awas Tahun Ini, Ujian Sekolah/Madrasah Menentukan Kelulusan Siswa